Makam Syech Tuanku Aluma Koto Tuo Ramai Dikunjungi Peziarah Jelang Ramadhan 2021

Makam Syech Tuanku Aluma Koto Tuo Ramai Dikunjungi Peziarah Jelang Ramadhan 2021
H. Dedi Edward, S.E., M.M., cucu dari Syech Tuangku Mato Aia yang juga Wakil Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Sumatera Barat

AGAM - Meski situasi pandemi, jelang Ramadhan Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), tetap ramai dikunjungi penziarah yang berziarah ke makam Syech Tuanku Aluma yang terletak di Jorong Galudua, Nagari Koto Tuo sekitar 7 Km dari Kota Bukittinggi. 

Ziarah berlangsung hikmat dan tetap dalam protokol kesehatan. Pada Rabu (17/3/2021) ribuan penziarah berdatangan dari berbagai daerah di Sumbar, bukan saja dari Sumbar juga dari Riau, Jambi, Bengkulu dan lainnya. Sehingga Jalan Bukitttingi - Maninjau tempatnya di km 7 terjadi kemacetan panjang. Bahkah terlihat puluhan mobil parkir di jalan Koto Tuo menuju Koto Gadang. Dengan ramainya penziarah ke Nagari Koto Tuo ini menghidupkan ekonomi dan kehidupan masyarakat Koto Tuo, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam.

H. Dedi Edward, S.E., M.M., cucu dari Syech Tuanku Mato Aia, yang juga ketua rombongan ziarah mengatakan dalam ziarah ini sengaja dibagi berdasarkan hari untuk mensiasati wisata religi di era covid-19, “Ziarah ini dilakukan tetap dalam protokol kesehatan, untuk mengingat perjuangan dakwah ulama, " ungkapnya. 

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dan sekarang merupakan Wakil Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Sumatera Barat mengatakan, “Syech Tuanku Mato Aia sendiri merupakan murid dari Syech Tuanku Kiambang dan Syech Tuanku Aluma merupakan guru dari Syech Kiambang. Jadi kita harus kembali mengingat jasa seorang ulama, pahlawan saja kita peringati, ulama besar yang sudah berjuang untuk Indonesia dan umat juga harus kita pahami kontribusinya, " pungkasnya. 

Cucu Syech Tuanku Mato Aia Pariaman ini juga mengungkapkan dahulu saat perjuangan melawan Belanda Syech Tuanku Aluma Koto Tuo tak mampu ditembak oleh Belanda. "Kita harus mengingat kontribusi ulama. Selain itu ia berpesan agar perbedaan atau khilafiah dalam Islam agar disikapi dengan bijak, ” tukasnya.

Selain itu Wakil Ketua ASITA Sumatera Barat ini juga menjelaskan ada potensi wisata religi di Koto Tuo Kabupaten Agam yang harus terus dibenahi sehingga bermanfaat untuk perkembangan nagari. “Sambutan masyarakat akan wisata religi ini cukup baik, bahkan bisa membawa wisatawan dari luar daerah ke Koto Tuo, Kabupaten Agam. Wisata religi sangat bagus karna wisatawan dibawa berjalan sambil berzikir, beribadah, dan menuntut ilmu, " katanya. Dan ia pun berpesan kepada pemerintah daerah agar perhatian kepada tokoh-tokoh ulama kita, "Semoga dapat diperhatikan terutama dalam bentuk bukti sejarah baik itu dalam bentuk benda maupun tradisi, ilmu dan lainnya dari ulama-ulama kita, " pesannya.

Sekilas tentang Syech Tuanku Aluma

Syech Tuanku Aluma merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam di Nagari Koto Tuo. Syeikh Tuanku Aluma Koto Tuo memiliki kontribusi dalam pendidikan Islam karena semasa hidupnya Syeikh Tuanku Aluma Koto Tuo menerangkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan ajaran Islam kepada murid-muridnya seperti fiqih, tarekh, tafsir, bahasa Arab, tasawuf, mantiq, ma’ani, dan banyak lagi ilmu tentang Islam termasuk cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang di pelajari, sehingga melahirkan murid-murid yang paham mengenai ajaran Agama Islam yang juga berpengaruh di masing-masing kampung halamannya tanpa disadari Syeikh Angku Aluma melahirkan murid-murid yang paham mengenai ilmu pengetahuan khususnya tentang Islam.(Riyan)

Riyan Permana Putra

Riyan Permana Putra

Previous Article

Rakor Dengan Gubernur, Marfendi: Stasiun...

Next Article

Peran Aktif PORBBI Agam-Bukittinggi Salurkan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Rikky Fermana

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Postingan Bulan ini: 23

Postingan Tahun ini: 39

Registered: Apr 11, 2021

Riyan Permana Putra

Riyan Permana Putra

Postingan Bulan ini: 9

Postingan Tahun ini: 39

Registered: Feb 26, 2021

Wahyudi Arif Firmanto

Wahyudi Arif Firmanto

Postingan Bulan ini: 6

Postingan Tahun ini: 7

Registered: Apr 28, 2021

Heriyoko

Heriyoko

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 74

Registered: Dec 24, 2020

Profle

Rikky Fermana

Truk Pengangkut Barang Parkir Sembarangan Tutupi Pintu Masuk SMP 5 Bukittinggi
Keren! Tim Naga Polres Pangkalpinang Berhasil Tangkap Sang Predator Pedofil 
Polisi di Banyumas Bantu Makamkan Jenazah Terpapar Covid 19
Cafe Fredom Dua Orang Dinyatakan Positif Hasil Swab Antigen Tim Gabungan Prokes Covid-19 Kota Pangkalpinang

Follow Us

Recommended Posts

Nikmati Sajian Kopi Berkualitas di Cafe Industri Coffee Bukittinggi
Ismunandi Sofyan Berdayakan Warga dengan Gelar Pelatihan Menjahit
Lisda Hendrajoni Dorong Bantuan Sosial Tunai Juga Menyasar Masyarakat Terdampak Pandemi COVID-19
Truk Pengangkut Barang Parkir Sembarangan Tutupi Pintu Masuk SMP 5 Bukittinggi
2.500 Ton Beras dan 70.000 Paket Sembako Siap Didistribusikan ke Seluruh Indonesia